Laman

Jumat, 22 Juni 2012

Kimchi

Akhirnya posting juga all about kimchi. Sudah 2 x bikin kimchi tapi ga pernah di dokumentasikan, hari ini niat banget di fotoin step by step nya. Cuma sekedar bagi-bagi ilmu aja. Kalau ada yang kepingin tahu sensasinya  rasanya dan nikmat kepedesannya serta merasakan adrenalin yang menonjok saat pertama kali mencicipi.
hahahaha Lebay ah...... ga percaya? buktiin aja
Nih dia resepnya...

Kimchi

1 buah sawi putih yang besar belah 4 (kira-kira berat 1 kg)
2 buah wortel (potong sebesar korek api)
3 buah daun bawang (potong serong)
1/2 gelas garam untuk merendam sawi
4 siung bawang putih
2 ruas jahe
1 buah bawang bombay (potong kecil-kecil)
3 sdm kecap ikan
1/2 gelas cabe bubuk
1/4 gelas gula pasir
1 sdt garam
2 sdm tepung beras
100 ml air matang

Cara membuat:

Belah sawi menjadi 4 bagian, rendam dalam baskom dengan 2 gelas air yang di beri 1/2 gelas garam. Rendam selama 4-6 jam sampai sawi layu.


Potong-potong wortel bentuk korek api


Potong daun bawang serong (supaya cantik)


Bawang bombay, bawang putih dan jahe di blender halus bersama kecap ikan


Masak Tepung beras dengan air sampai menjadi pasta (aku masaknya kurang air), tapi ga papa bisa ditambah air kok jangan khawatir.


Lalu masukan campuran bawang, jahe, dan kecap ikan kedalam pasta ini, aduk rata kemudian masukan bubuk cabai aduk rata sampai menjadi pasta cabai.


Setelah menjadi pasta cabai, masukan wortel yang telah di potong bentuk korek api dan juga daun bawang aduk sampai rata benar.... Taraaa jadilah pasta untuk kimchi


Setelah pasta siap, langsung balurkan kedalam tiap lapis sawi yang telah layu tadi. jangan sampai terlewat ya lapisannya supaya rasanya merata dan fermentasi terjadi dengan baik.


Setelah semua selesai di balur dengan pasta cabai, lipat atau gulung sawi lalu masukan dalam tempat atau toples yang bertutup rapat. Simpan selama 2 hari hingga berfermentasi baru bisa dimakan sebagai penambah selera makan atau langsung dimakan juga bisa, rasanya lebih segar... ga kecut.


Ini dia hasilnya kimchi yang menjadi makanan sehari-hari orang di negeri gingseng ternyata juga sedikit cocok sama lidah kita orang indonesia. Makanan ini dibuat setiap hari di Korea dan dibuat dengan berbagaimacam sayuran misal lobak, sawi hijau, timun dan banyak lagi. Berdasarkan penelitian oleh para ahli Kimchi sangat bagus untuk pencernaan karena di dalamnya terdapat bakteri baik yang menjaga usus, sama kaya lactobasilus protectus kalau dalam kimchi namanya lactobasilus kimchi. Karena setiap yang diciptakan Tuhan pasti bermanfaat. Semoga blog ini juga bermanfaat yaa...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar