Laman

Senin, 20 Mei 2013

Sambel Klothok a.k.a Sambal Ikan Asin Khas Surabaya

Suambeleee pueedddessss... kata tetangga ku.. xixixi ya itulah kesan pertama saat dia nyobain sambel buatan ku ini. Ceritanya tuh 4 bulan yang lalu adikku pesan sambel sama temannya yang ke Surabaya, katanya ada sambel enak.. Setelah aku coba ternyata benar, kalau kata pak Bondan Mak nyuss... tapi sayangnya setelah dibuka sambelnya ga tahan lama hanya bertahan 2 hari itu saja sudah agak bau-bau gimana getoh..

Akhirnya aku lihat komposisinya apa aja dan coba deh.. ternyata bisa juga. Ini adalah kali ke 4 aku buat, pertama buat sudah enak dan pas rasanya dengan PD-nya aku buat lagi karena yang pertama sudah ludes di makan pakai nasi anget bareng sama Windy Pradita. Pas buat yang kedua kok ndelalah kegaringan cabenya... akhirnya aku coba tumisnya dengan ditambah sedikit air supaya tetap matang dan ga garing setelah matang. Dan ternyata benar memang enak dan passs sekali rasa dan tekstur sambelnya karena sambelnya cuma di iris-iris..

Niat aku sih ingin berbagi resep sama teman-teman tapiii... kok takut membahayakan yaa.. Karena kalau sudah ketemu sambel ini, bisa ngabisin nasi sebakul wkwkwkwk.. Asli loh ga percaya?? Tanya Windy yang sekali nyobain sampe nambah.... udah ah

Here the recipe

Sambel Klothok a.k.a Sambal Ikan Asin (Khas Surabaya)

Bahan:
200 gr cabe rawit merah
150 gr bawang merah
100 gr bawang putih
1 lembar ikan asin jambal (potong kecil-kecil)
1/2 gelas minyak goreng
1/2 gelas air putih
1 sdm garam
1 1/2 sdm gula

Cara Membuat:

1. Iris-iris semua bahan (cabe rawit, bawang merah, bawang putih)
2. Goreng ikan asin sampai garing
3. Panaskan minyak goreng lalu tumis bawang merah dan bawang putih, setelah agak layu masukan cabe rawit tumis sampai matang kemudian masukan ikan asin, garam dan gula aduk rata lalu masukan air masak terus sampai semua bahan layu dan air menyusut.
4. Cicipi rasanya kalau sudah pas tinggal ambil piring dan nyendok nasi anget deh... ga usah pakai lauk lagi udah mak nyuss..

Selamat mencoba yaa
Buat yang ga suka pedes, jangan sekali-kali coba...



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar